APA & TUJUAN MENARA DOA 24/7

Silakan download buku
Renungan & Doa untuk Menara Doa 24/7
di bagian Akhir Tulisan ini (Bawah)


Habakuk 2:1
“Aku mau berdiri di tempat pengintaianku dan berdiri tegak di menara, aku mau meninjau dan menantikan apa yang akan di firmankanNya kepadaku, dan apa yang akan dijawabNya atas pengaduanku.”

Apakah yang dimaksud dengan MENARA DOA?

Menara doa adalah sebuah tempat yang tinggi yang sering dipakai pada zaman dahulu untuk berjaga-jaga dan melihat keadaan sekeliling sebagai bentuk antisipasi dari serangan musuh atau yang jahat. Secara rohani, Menara Doa merupakan sebuah gambaran kita sebagai Gereja untuk mengambil giliran berjaga-jaga melalui doa terhadap serangan si jahat yang mencoba untuk menghancurkan gereja, keluarga dan diri kita. Kita tidak seharusnya berdoa di menara namun di alam roh kita membangun menara melalui doa-doa kita sebagai sebuah Jemaat.

Secara rohani kita membangun keintiman dengan Tuhan serta menantikan penyataan Firman Tuhan bagi setiap kita dan di waktu yang sama kita tetap berjaga-jaga di dalam doa, pujian, penyembahan dalam kesatuan. Dalam Menara Doa inilah kita merendahkan diri kita dan menaikan syukur kepada Allah kita dan menantikan firman-Nya.

Menara Doa juga merupakan tempat di mana para murid-murid Kristus (Tubuh Kristus) merenungkan Firman Tuhan, menaikan doa serta permohonan, pujian dan penyembahan selama 24 Jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan 365 hari dalam setahun secara bergiliran. Menara doa juga sebagai satu tempat para murid-murid Kristus merindukan hadirat Allah.

Jadi, apakah tujuan dari MENARA DOA? Tujuannya adalah sebagai tempat yang tinggi dan strategis bagi gereja Tuhan untuk berjaga-jaga, meninjau dan menantikan apa yang akan difirmakan oleh Tuhan bagi kita (Habakuk 2:1-3). Selain itu, Menara Doa juga sebagai tempat kita mengadu dan meratap kepada Tuhan dan menaikan doa serta permohonan dengan tidak jemu-jemunya.

Dalam Menara Doa inilah kita kembali dikuarkan dan disegarkan secara rohani oleh Tuhan karena kita mendekat kepada hadirat-Nya yang di dalamnya kita merasakan kasih, anugerah serta pemulihan atas kita. Tuhan memberikan kesegaran bagi kita untuk terus berjuang dalam perlombaan iman kita serta memberikan pertumbuhan secara rohani kita. Gereja Tuhan bersatu hati dengan komitmen dan kesetiaan terus mengambil giliran jaga dalam doa bukan hanya untuk masalah yang terjadi tetapi juga untuk mengejar kehendak dan tujuan Allah bagi kita secara pribadi, keluarga, gereja dan bahkan bagi kota dan negara kita. Karena dengan demikian kita mengusahakan kesejahteraan atas kehidupan pribadi, keluarga, gereja dan juga untuk kota dan negara kita.

Yeremia 29:7
“Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

Jadi marilah kita mengambil giliran jaga dalam doa setiap jamnya dan bersatu dalam membangun Menara Doa 24/7 ini sepanjang tahun kita. Tuhan Yesus memberkati.

BAHAN RENUNGAN & DOA MENARA DOA 24/7


Leave a comment